Ziddu Free File Hosting

AW Surveys

Visi

Semoga blog ini dapat berbagi ilmu kepada sesama Praktisi HR dalam Rangka Memajukan SDM Indonesia.

Senin, 06 Desember 2010

Tips dan Trik dalam Membangun Rasa Percaya Diri

Rasa percaya diri bukan karunia tetapi hasil dari upaya yang terus-menerus untuk membangunnya. Rasa percaya diri sangat penting bagi kebahagiaan dan sukses anda. "Ketika anda memiliki rasa percaya diri, maka anda akan tahu bagaimana caranya harus hidup" (Goethe) "Rasa Percaya diri adalah kunci RAHASIA PERTAMA dari sukses seseorang" (Ralp Waldo Emerson) 1. Ingatlah untuk selalu bersikap wajar. Hindari sikap yang dibuat-buat, pura-pura, over acting, atau mencari perhatian. 2. Perhatikanlah sikap tubuh anda. Hindari sikap yang berkesan malas, loyo dan tidak bergairah. Belajarlah dari bintang-bintang film di televisi. Anda pasti bisa menilai perbedaan sikap orang yang PD dan yang kurang PD. 3. Ketika bicara, perhatikanlah nada suara. Usahakanlah untuk melafalkan kata dengan jelas, tidak menggumam, mendesis atau berbisik. Selain itu, pandanglah mata lawan bicara, jangan menunduk atau memandang ke arah lain. 4. Biasakanlah mengucapkan kata terima kasih dengan mantap dan tulus. 5. Bersikaplah tegas. Jangan berkata "YA" pada saat hendak mengatakan "TIDAK". Menjadi 'Yesman' mungkin aman tapi tidak sehat bagi diri anda. 6. Lakukanlah segera apa yang bisa dilakukan sekarang. Hindari kebiasaan menunda-nunda dengan alasan malas atau tidak suka melakukannya. Penundaan bisa menghambat perkembangan rasa percaya diri. 7. Kenalilah kelebihan, kekurangn dan kelemahan diri sendiri. Kembangkanlah potensi diri anda dan perbaikilah kekurangan. Terimalah kelemahan yang tidak bisa diubah, dan beranilah mengubah kelemahan yang bisa diubah. 8. Berusahalah untuk selalu tampil rapih dan bersih. 'You feel great when you look good'. Anda akan merasa nyaman ketika anda tampil dengan baik. 9. Berusahalah untuk memperluas wawasan dan menambah pengetahuan. Orang yang percaya diri umumnya bukan tipe katak dalam tempurung 10. Berusahalah untuk menjadi ahli atau profesional dalam bidang tertentu meskipun tidak menjanjikan popularitas. Misalnya piawai dalam memetik gitar, ahli memperbaiki motor, fasih berbahasa asing, jago main tennis, dsb. 11. Bila diperlukan, jangan ragu untuk meminta bantuan orang lain. Namun berjiwa besarlah untuk menerima penolakan. 12. Hindari kebiasaan mengeluh dan menggerutu. Curahkanlah isi hati hanya kepada orang yang tepat. 13. Kendalikanlah perasaan-perasaan negatif. Jangan larut dalam perasaan sedih, frustasi, iri hati dan sakit hati. Semua itu bisa merusak rasa percaya diri. 14. Ketika membicarakan orang lain, bicarakanlah kelebihan dan kebaikannya saja, bukan kekurangan atau keburukannya. Pribadi yang percaya diri tidak merasa Superior dengan menjelekkan orang lain dan tidak merasa Inferior karena memuji orang lain. 15. Bila memungkinkan, bantulah orang lain menyelesaikan masalahnya. Tetapi bukan untuk ikut campur urusannya. 16. Beranilah mengakui kesalahan, baik kepada diri sendiri maupun kepada orang lain. Jangan menutup-nutupinya. 17. Beranilah mencoba hal-hal baru yang menantang atau yang selama ini anda hindari dengan alasan takut. Misalnya, bicara dengan orang asing, mengikuti lomba karaoke, mengirim puisi ke majalah, bergabung dengan pencinta alam, dsb. 18. Jangan memberi gelar konyol kepada diri sendiri. Dan jangan mau juga ditempel gelar konyol oleh orang lain. Misalnya: si gembrot, si gentong, si penakut, dsb. 19. Nikmatilah hidup. Tenangkanlah pikiran yang kacau, lepaskanlah beban dan raihlah kegembiraan. Carilah aktifitas yang menyenangkan. Misalnya berenang, baca novel, nonton, mancing, atau apa saja yang anda senangi. 20. Bayangkanlah diri anda sebagai pribadi yang percaya diri, dan bersikaplah sebagai orang yang percaya diri. Lama kelamaan anda akan benar-benar lebih percaya diri

Readmore »»

Sabtu, 04 Desember 2010

Prosedur K3 Khusus HIVAIDs

Perlu penanganan Yang khusus untuk penanganan Kasus HIVAIDS ditempat kerja, maka kita harus memperhatikan Prosedur Keselamatan dan Kesehatan Kerja yang Khusus, sesuai dengan Sesuai Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi No.KEP.68/MEN/IV/2004 yang diatur lebih lanjut dengan Keputusan Direktur Jenderal Pembinaan Pengawasan Ketenagakerjaan No.KEP.20/DJPPK/VI/2005 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Pencegahan dan Penanggulangan HIV/AIDS di Tempat Kerja. Untuk kelanjutan seperti apa prosedurnya, silakan Download Prosedur K3 Khusus HIVAIDs DISINI

Readmore »»

Program Pencegahan & Penanggulangan HIVAIDs

Modul ini mencakup penjelasan mengenai upaya pencegahan penularan dan penanggulangan HIV/AIDS melalui peran pemerintah, pengusaha dan pekerja/buruh dalam bentuk pengembangan strategi dan program ditempat kerja, dimana dunia kerja menjadi unsur perintis dilingkungan masyarakat sekitar. Silakan download kelanjutan modul ini mengenai betapa pentingnya upaya pencegahan penularan dan penanggulangan HIV/AIDS , dan silakan donwload DISINI

Readmore »»

Konseling dan Tes Sukarela

Apakah Konselling dan Tes Sukarela itu penting, iya itu adalah Salah satu upaya pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS ditempat kerja adalah melalui konseling dan tes sukarela(VCT).Tes HIV tidak boleh dilakukan ditempat kerja kecuali untuk hal-hal yang secara khusus disebutkan dalam kaidah ILO. Tes HIV tanpa terkecuali harus merupakan tindakan sukarela dan hanya dilakukan oleh orang dengan keahlian yang tepat, serta dalam kondisi yang sangat rahasia. bagaimana mekanisne ini berjalan, silakan download file PDF nya disini

Readmore »»

HIV AIDs dan HAM serta Dimensi Jender

Semua manusia memiliki hak azasi apapun ras, warna kulit, jender, agama, politik, negara maupun status sosialnya. Status sosial yang dimaksud diantaranya adalah penyandang cacat atau bukan, sebesar apapun kekayaan yang dimilikinya, status kelahiran dan status lainnya yang dimiliki termasuk status HIV. Silakan Klik file Pdf ini disini, semoga menambah wawasan kita

Readmore »»

Contoh Kasus AIDS

Pembaca yang budiman, berikut adalah contoh-contoh kasus AIDSbagi yang mau mendownload silakan klik File PDFnya disini ,bagi yang mendownload mohon persiapkan mental anda sebelum mendownloadnya, jika ada tidak sanggup melihat Contoh Gambar kasus AIDS mohon jangan mendownloadnya. karena ada beberapa Gambar didalamnya yang akan terlihat lebih menakutkan.

Readmore »»

Pengetahuan Dasar HIVAIDs

Pembaca Yang Budiman, Dalam Rangka memperingati Hari AIDS sedunia 1 Desember 2010 , maka kali ini kita akan berbagi pengetahuan dasar yang juga harus dimiliki setiap orang , Yaitu Pengetahuan Dasar Terhadap HIV Aids. nah Jika anda ingin menambah Knowledge kita , gak ada salahnya kita melihat File power point yang dapat di download disini. Mudah mudahan bisa menambah wawasan kita dan jangan lupa beri tahu teman teman kita link ini agar kita saling berbagi di hari AIDS Sedunia http://www.ziddu.com/download/12809351/PengetahuanDasarHIVAIDs.ppt.html

Readmore »»

Jumat, 03 Desember 2010

6 TIPE KARYWAN

Pembaca yang budiman, sudah lama saya gak updated lagi, tapi kali ini saya hadirkan 6 tipe karyawan, berbeda dengan sebelumnya 5 Tipe Karyawan Yang Disukai Atasan , kali ini anda di ajak untuk melihat Tipe-tipe karyawan di liat dari sudut Sebagai seorang Pemimpin. Silakan anda mendownload file power pointnya, klik disini

Readmore »»

Kamis, 30 September 2010

Tips Cepat Naik Gaji dan Jabatan

Berikut ini beberapa kiat - kiat mudah yang bisa Anda pelajari dan cermati. Coba praktekkan selama 3 bulan di awal karir Anda, lihat perbedaanya. 1. Berani tampil beda Berani tampil beda dan anggaplah orang yang berinteraksi dengan Anda semua special. Tampil beda di sini bukan dalam hal penampilan saja, tetapi juga etos kerja Anda : disiplin, tepat waktu, energik, supportif. Jadikan Anda sebagai sesuatu medan magnet di mana orang lain merasa nyaman dengan Anda. Dengan menganggap orang lain spesial, berarti memupuk jiwa Anda sebagai orang yang baik, bijaksana dan penuh kharisma. Pelajari apa yang bisa Anda jual dari dir, apa yang bisa membuat rekan kerja Anda enjoy , boss Anda senang ? Banyak sekali tentunya. Contoh : kalau pintar baca doa , jadilah imam di kantor, pintar organisasi , jadilah kepala pengurus acara, pintar nyanyi, olahraga dll , tonjolkan faktor x Anda ini kepada semua orang. 2. Menjadi yang terdepan Menjadi yang terdepan dimata atasan itu mudah sekali , kuncinya hanya 1. Anda memiliki sikap penolong , supportif dan solution maker. Contohnya : Anda tahu benar pekerjaan bawahan Anda, Anda bisa mengerjakan pekerjaan atasan dengan baik. Artinya , jika bawahan Anda mengalami sakit/tidak masuk kerja, Anda tenang dan bisa menanganinya. Begitu pula jika atasan Anda berhalangan hadir, Anda bukan nya jadi tumbal/sapi perah, tapi gunakan waktu/moment ini sebagai tantangan Anda. Kerjakan pekerjaan itu dengan baik, nah …someday , kalau jabatan di atas Anda kosong, otomatis Anda akan menjadi 1st priority /prioritas utama menduduki posisi tersebut. Boss Anda pasti melihat Anda dan percaya Anda siap untuk di angkat. 3. Percaya Diri Bekerja harus percaya diri , rasa percaya diri akan kuat jika Anda barengi dengan niat tulus dari hati dan doa yang sungguh - sungguh. Apapun pekerjaan Anda , ada pekerja kantor yang rutinitas sehari - hari nya itu - itu saja , ataupun pekerja dinamis seperti Sales, marketing staff yang memiliki client / suasana kerja berubah -ubah tiap hari. Camkan dalam diri Anda ‘ kami yakin Bisa !! 4. Berpikir positif, berpikiran terbuka dan adil Di sekitar lingkungan kerja Anda pasti ada medan magnet positif dan negatif , mak dari itu perbanyak saja pikiran positif di diri Anda. Percuma ngomongin hal negatif, dan hati-hati biasanya banyak omong negatif malah bisa menjebak Anda. Ingat , rekan kerja Anda adalah seorang sahabat baik sekaligus kompetitor Anda dalam memperebutkan posisi jabatan tersebut, hati - hati kalau bicara dan selalu Berpikir positif, berpikiran terbuka dan adil. 5. Berani kalah Siapkan sejak dini , zaman sekarang banyak sikut sana-sikut sini. Kalau anda nggak siap kalah , Anda hanya bisa menggeruti, nge-gosip dan malah pekerjaan Anda jadi keteteran , semangat kerja hilang , gara - gara anda nggak siap kalah , nggak rela kalau rekan Anda ternyata diangkat dan menang persaingan dengan Anda. 6. Jalin hubungan yang erat Di dalam lingkungan kerja , Anda harus bisa menjalin networking/hubungan erat antara bawahan Anda , atasan anda dan orang yang memiliki pengaruh terhadap karir Anda. Contohnya : Dekatlah dengan Boss Anda , pelajari hobby nya , kesukaan nya ..sekali waktu anda boleh bawain oleh - oleh dari kampung atau dll , biasa untuk mengambil simpati :) , atau juga Anda dekati Kepala Personalia nya / Human Resources nya , Kepala Security dan lain lain. Semakin banyak networking , anda semakin dikenal dan Populer. 7. Ide dan Gagasan Perusahaan Anda pasti butuh dan memerlukan orang - orang yang memiliki ide atau gagasan bisnis. Jangan malu-malu untuk mengisi kota saran/masukan , siapa tahu ide Anda masuk ke pimpinan atas dan dipertimbangkan. Hal besar biasanya di awali dengan ide/gagasan yang simple , jadi Anda gunakan celah ini untuk mendongkrak karir secara cepat. 8. Berani bertanya Kalau Anda punya back up , kenapa tidak sekali waktu Anda bertanya ke atasan. Boss , kapan kami diangkat ? kapan gaji kami naik ya ? memang kelihatan nggak wajar , tapi ini perlu , soalnya anda memiliki booster di dalam diri anda , gunakan itu. Anda hanya bisa menggunakan no.8 ini jika Anda memiliki back up / value yang orang lain bisa menghargai lebih. Contohnya demikian : Anda ditawarin kerja di tempat lain dengan gaji lebih besar dan Posisi jabatan naik, nah disaat ini lah Anda bisa bargain , Anda bisa gunakan No.8 ini ke Perusahaan Anda. Siapa tahu perusahaan anda tersebut langsung memberikan tanggapan/menyetujui keinginan Anda. 9. Senjata rahasia Senjata rahasia ini tidak perlu anda keluarkan , senjata ini untuk membuat anda nyaman bekerja dan bisa introspeksi diri dengan baik. Apa senjata rahasia itu ? yaitu adalah skill anda untuk bisa memiliki usaha/sumber penghasilan lain diluar gaji. Entah itu investasi bisnis , bisnis usaha diluar, usah bersama teman dll. Jangan jadikan Gaji sebagai satu - satunya sumber income. Tidak ‘naik jabatan’ ? tidak ‘naik gaji’ , Anda tidak akan merasa frustasi. Anda justru merasa bangga kepada diri sendiri jika sukses memiliki sumber income yang penghasilannya menyamai/melebihi gaji Anda. Mudah-mudahan artikel ini membuat Anda lebih bijaksana, tenang dan pandai memanfaatkan waktu, fasilitas dan energi. Demikian ulasan tips ini , semoga bermanfaat. Demikianlah Tips Bermanfaat ini yang bisa disampaikan, semoga Pembaca yang budiman, Gajinya Naik2 Trusssss

Readmore »»

Tips Karir/Pekerjaan

Pembaca setia kali ini kita akan menguras Tentang Tips karir/pekerjaan yang mungkin bagi setiap pekerja yang sudah bekerja maupun baru mulai mencari kerja, pertama-tama mari kita menguras apa sih artinya Tips Karir/Pekerjaan. Tips Menjalin Hubungan Kerja Karir - Seringkali orang menyepelekan soal satu ini. Kerja bagi mereka berarti tugas selesai. Titik. Padahal, hubungan dengan orang-orang di lingkungan kerja pun tak kalah penting dalam mendongkrak karier. Hal paling penting dalam pekerjaan di abad 21 ini adalah kemampuan membangun dan menjaga hubungan. Meski Anda mempunyai ‘hobi’ gonta-ganti pekerjaan dalam perjalanan karier Anda, namun membangun jaringan dan menjaga hubungan itu adalah hal yang sangat penting. Yang juga perlu diketahui, tempat yang paling mudah dan paling baik untuk membangun jaringan hubungan adalah di kantor. ATASAN Kesuksesan dan perkembangan karier Anda banyak tergantung pada atasan. Atasan Anda-lah yang dapat memberi kesempatan menangani tugas-tugas strategis atau klien-klien utama perusahaan, serta memberikan pekerjaan-pekerjaan penting lainnya. Bahkan, atasan Anda-lah yang berperan dalam menilai performance, kenaikan gaji atau kenaikan pangkat. Atasan Anda dapat pula menjadi ‘guru’ pribadi Anda. Mereka dapat memberikan sebagian pengalamannya kepada Anda, juga petunjuk dan pengarahan untuk belajar seluas-luasnya dan membiarkan Anda bertumbuh dalam pekerjaan, sekaligus menunjukkan dan membukakan ‘pintu’ kesempatan. Petiklah hal-hal tersebut sebagai keuntungan dalam perjalanan karier Anda. Jadi, hubungan baik dengan atasan adalah hal paling berharga di dalam perkembangan karier Anda. Salah satu cara untuk mendongkrak hubungan baik dengan atasan adalah membuatnya tampak ‘baik’. Anda dapat melakukannya melalui performance pekerjaan yang bagus, mengambil tugas-tugas sulit – tetapi jangan sampai tidak sukses menyelesaikannya - dan bekerjasama dengan baik dengan bagian-bagian lain dalam perusahaan yang berada di bawah “kekuasaan” atasan. REKAN KERJA Rekan kerja atau kolega yang Anda temui setiap hari juga sangat berharga bagi Anda, dan sebaliknya Anda pun berguna bagi mereka. Bantulah mereka menyelesaikan pekerjaannya, terutama ketika mereka berada dalam keadaan sangat sibuk dan dikejar ‘deadline’. Jangan segan memberi pujian jika mereka berhasil menyelesaikan pekerjaan dengan baik. Kenali rekan kerja, termasuk kebiasaan dan pribadi mereka. Ajak mereka makan siang bersama atau pulang bersama. Ini dilakukan untuk lebih mengenal mereka di luar jam-jam kerja. Asal tahu saja, ketika karier Anda atau rekan melesat maju, hubungan Anda dan rekan kerja tersebut akan menjadi sangat penting dan berharga bagi Anda berdua. KLIEN/NARASUMBER Seorang klien yang puas tentu akan dengan senang hati menghubungi Anda kembali di masa yang akan datang. Entah itu hanya untuk mengucapkan selamat atas promosi Anda, atau bahkan menawarkan kerjasama baru dengan Anda. Jangan heran jika Andalah yang pertama kali mereka hubungi saat mereka membutuhkan orang untuk dipekerjakan atau mengambil tawaran menarik. Hubungan dengan klien bisa rapi terjalin jika Anda tak pelit untuk mengontak mereka. Jadi, jangan hanya mengontak mereka saat Anda membutuhkan. Kalau perlu, datangi mereka di luar jam kerja, meski itu cukup menyita waktu. Jadi, berhubungan dengan orang-orang di lingkungan pekerjaan tak hanya menolong karier, tetapi juga membuat tempat kerja Anda lebih menyenangkan. Intinya, Anda harus rajin bersosialisasi. Sekaranglah waktunya bagi Anda untuk membangun hubungan dan meraih sukses di tempat kerja. berikut adalah cuplikan dari Nova, semoga Tips kali ini bisa membangkitkan semangat kita dalam mengejar cita-cita supaya sukses dalam karir. Ingat Success Is My Rights ( Sukses adalah Hak Saya ) Sumber : Tabloid Nova

Readmore »»