Ziddu Free File Hosting

AW Surveys

Visi

Semoga blog ini dapat berbagi ilmu kepada sesama Praktisi HR dalam Rangka Memajukan SDM Indonesia.

Selasa, 23 Juni 2009

Peran Manager SDM Di Masa Depan

PERAN MANAGER SDM DI MASA DEPAN Di saat Krisis Global seperti ini peran seorang Manager SDM ( HR Manager ) sangat menentukan Masa depan sebuah Perusahaan. Nah tidak ada salahnya bagi kita ( Praktisi-Praktisi HR ) sudah saatnya kita menyadari betapa pentingnya posisi kita di suatu perusahaan. Peran pengelolaan SDM kini tak lagi jadi dominasi manager SDM, karena mulai banyak perusahaan yang menerapkan pendelegasian fungsi manajemen SDM kepada manager fungsional. Setiap kegiatan yang melibatkan kerja tim adalah suatu proses pengelolaan SDM. Setiap pemimpin otomatis melakukan matching people to jobs, managing performance, coaching & counseling, rewarding, hingga firing dalam setiap tugasnya. Pada dasarnya setiap manager juga merupakan manager SDM karena mereka pasti memiliki anak buah yang harus dikelola. Secara konsep SDM, para manager non-SDM seharusnya juga bisa memainkan peranan sebagai manager SDM. Orang-orang SDM kini diarahkan untuk menjadi mitra bisnis bagi Perusahaan: pengelola SDM akan mendukung kebutuhan bisnis dengan tren ke depan dalam dunia kerja. Manager SDM akan lebih berkonsentrasi untuk melihat perkembangan perusahaan ke depan yang disesuaikan dengan kebutuhan bisnis. Manager SDM berfungsi sebagai agen perubahan yang memberikan saran kepada perusahaan mengenai langkah-langkah yang harus diambil untuk mencapai tujuan. Kiat-kiat untuk mengkondisikan perubahan manager non-SDM sebagai manager SDM:

1. Perlunya diberikan pelatihan ketenagakerjaan bagi para manager 2. Pemberian modul SDM untuk manager non-SDM yang didalamnya berisikan: modul tentang motivasi, disiplin, rekrutmen, pengembangan dan manajemen konflik. 3. Diberikannya pelatihan performance management (setiap tahun) agar dalam proses performance review dilakukan secara benar. 4. Membekali setiap manager Non-SDM dengan keterampilan pelatihan. 5. Memberikan sarana pendukung berupa Personnel Manual yang berisikan: prosedur Karyawan, seperti pengobatan, klaim medikal, koperasi, pensiun dan jamsostek. 6. Dilakukannya HR-Audit oleh bagian SDM ke setiap departemen, cabang atau bagian lain di Perusahaan untuk memastikan bahwa setiap manager memenuhi standar SDM yang diharapkan.

Demikianlah Peran Manager SDM Dimasa depan. Semoga informasi ini bermanfaat. Thanks Junaidi

Tidak ada komentar: