Ziddu Free File Hosting

AW Surveys

Visi

Semoga blog ini dapat berbagi ilmu kepada sesama Praktisi HR dalam Rangka Memajukan SDM Indonesia.

Selasa, 07 Desember 2010

Bangkitkan Semangat Kerja Di Kantor

Bekerja dengan penuh gairah dan semangat bisa meningkatkan performa dan produktivitas seseorang. Lalu, bagaimana caranya mendapatkan gairah dan semangat kerja yang besar? Banyak cara bisa dilakukan untuk meningkatkan semangat kerja. Merasa senang saat bekerja memang berkaitan dengan seberapa besar Anda menyukai pekerjaan Anda. Tapi, meskipun tidak terlalu menyukai pekerjaan yang Anda lakukan, ada beberapa cara sederhana untuk memompa semangat di kantor. Hal-hal kecil, seperti secangkir kopi atau cara mendekorasi kanntor, bisa membantu atau mengganggu energi Anda. Agar tetap bersemangat dan bertenaga sepanjang hari, berikut beberapa trik yang bisa menjadi pilihan Anda.


1. Konsumsi serat saat sarapan.

Mengonsumsi sarapan kaya serat akan membuat Anda lebih waspada sepanjang hari. Sebuah studi dari Cardiff University menemukan, partisipan yang makan sereal tinggi serat di pagi hari mengalami pengurangan kelelahan sebanyak 10 persen, mengalami penurunan tingkat depresi, dan memiliki keterampilan kognitif lebih baik. Serat membantu memperlambat penyerapan makanan dalam perut. Hal ini akan menjaga kadar gula darah tetap stabil dan mempertahankan tingkat energi lebih lama.

2. Pesan latte porsi kecil dan teguk perlahan.

Kafein takaran kecil (delapan ounces/secangkir kopi atau kurang) setiap beberapa jam sekali akan membuat Anda tetap waspada dan fokus lebih lama."Jika Anda minum kopi ukuran besar dengan cepat, kafein akan lebih cepat menumpuk dalam darah dibandingkan jika Anda membaginya dalam selang waktu tertentu," terang peneliti dari US Army Research Institute of Environmental Medicine Harris R. Lieberman, PhD, seperti dikutip situs prevention.com.

3. Makan lebih sering.

Mengikuti pola makan tiga kali sehari bisa menguras semangat Anda."Makanlah lebih sering dengan porsi lebih kecil, setiap tiga atau empat jam. Cara ini menjaga kadar gula darah tetap tinggi sehingga Anda tidak mengalami penurunan energi atau makan berlebih karena terlalu lapar," terang direktur Department of Nutrition at Brigham and Women's Hospital Kathy McManus, RD.

4. Jangan biarkan diri Anda merasa lapar dalam waktu lama.

Asupan makan siang itu perlu untuk cadangan energi tubuh.

5. Usahakan untuk makan siang di luar

Makan Siang dengan teman atau pasangan di luar kantor setidaknya sekali seminggu.

6. Sediakan tanaman di kantor.

Peneliti dari Texas A&M menemukan, partisipan yang menempatkan satu vas bunga berwarna cerah di meja kerja, serta tanaman hijau di kantor, menghasilkan lebih banyak ide kreatif dibandingkan partsipan dengan kantor tanpa tanaman.

7. Hias meja kerja Anda.

Letakkan aksesori meja, seperti jam meja, tempat alat tulis, frame foto, dan hiasan meja lainnya untuk menyemarakkan meja kerja Anda. Hiasan ini bisa membuat pandangan tidak menoton. Jika mata lelah karena terlalu lama terpapar layar komputer alihkan pandangan ke benda-benda menarik di atas meja Anda.

8. Minum air putih.

Sebagian besar orang yang mengaku keletihan, terang direktur Continuum Center for Health and Healing di Beth Israel Medical Center, New York City, Woodson Merrell, pada dasarnya mengalami dehidrasi. Menjaga kebutuhan asupan air, terang Merrell, merupakan cara termudah menjaga tingkat energi dan konsentrasi.

9. Minum secangkir teh.

Studi yang dilakukan peneliti dari University College London menemukan, paduan kafein dan asam amino L-theanine dalam teh berfungsi mengurangi keletihan mental dan meningkatkan kewaspadaan, waktu reaksi, dan daya ingat. Selain itu, teh hitam bisa mempercepat pemulihan akibat stres. Peneliti menemukan, orang dewasa yang minum teh empat kali sehari selama enam hari dalam seminggu memiliki kadar hormon stres cortisol yang lebih rendah setelah melewati masa sulit.

10. Jangan menyimpan camilan

Seperti keripik dan cokelat di dalam laci. Kebanyakan asupan gula bisa bikin tubuh merasa lemas, dan membuat Anda mudah mengantuk. Jika ingin ngemil di sela jam kerja, simpan pisang atau apel di dalam laci Anda.

11. Jalan 10 menit.

Sebuah studi yang dipresentasikan ke American Heart Association mengungkap, jalan singkat bisa menjaga Anda tetap segar sepanjang hari. Setelah enam bulan, perempuan yang jalan 70 menit seminggu (10 menit sehari) melaporkan 18 persen lebih berenergi dibandingkan partisipan yang bermalas-malasan. Usahakan untuk keluar ruangan, dan berjalan-jalan sebentar. Cahaya matahari baik untuk meningkatkan fokus dan mood Anda. Bila Anda tidak bisa keluar ruangan, usahakan untuk rehat selama 10 menit setiap satu jam.

12. Dengarkan musik.

Mulai kurang fokus saat bekerja? Cobalah mendengarkan musik. Sebuah studi menemukan, pekerja 10 persen lebih produktif saat mendengarkan musik dibandingkan saat tanpa musik.

13. Cek kelelahan mata.

Letakkan tangan Anda di dahi (seperti posisi hormat), jika mata Anda terasa lebih enak, itu artinya pencahayaan di ruangan Anda terlalu terang. Untuk mengakalinya Anda bisa mengatur pencahayaan layar komputer Anda.

14. Cari kursi kantor yang membuat Anda nyaman.

Carilah kursi yang membuat anda merasa nyaman dan duduk dengan tegak. Anda akan merasa lebih energik dan bersemangat.

15. Secara teratur, rapikan meja Anda dari tumpukan kerja.

Dijamin, jika meja Anda bersih dari kertas yang berserakan, kondisi ini bisa mengurangi stres saat bekerja.

16. Selesaikan tugas yang lebih sulit dan berat lebih awal.

Menunda menyelesaikannya hanya akan membuat pekerjaan Anda lebih berat. Setelah makan siang sebaiknya kerjakan tugas yang lebih ringan, karena energi Anda mulai drop menjelang pulang kantor.

17. Mengubah nuansa warna ruang kerja Anda.

Berdasarkan teori, warna memiliki pengaruh psikologi terhadap seseorang. Penggunaan warna yang tepat pada ruang kerja dapat menghindarkan Anda dari rasa bosan bekerja. Warna dapat membangkitkan mood dan semangat kerja. Untuk membangkitkan mood dalam bekerja, dapat digunakan warna-warna yang dinamis. Misalnya penggunaan warna merah dan warna turunannya sebagai aksen pada ruangan. Misalnya, gunakan lukisan berwana dinamis berukuran besar sebagai pengisi dinding ruang. Lukisan ini dapat mengubah suasana ruang kerja dalam waktu singkat. Yang perlu diingat dalam menata warna pada ruang kerja adalah kombinasi warna tidak boleh terlalu kontras. Penggunaan banyak warna justru dapat menjadikan ruang kerja semrawut. Jika ingin menggunakan aneka warna, terapkan warna-warna yang senada. Hindari menerapkan warna yang sangat kontras dalam proporsi berlebihan. Kombinasi warna yang demikian ini dapat membuat suasana ruang tidak lagi nikmat.

Demikianlah tips bangkitkan semangat kerja dikantor ini saya postingkan semoga bermanfaat bagi Para pembaca, para leaders dan SDM , maupun praktisi. Semoga membantu anda.

Tidak ada komentar: